:

Rabu, 27 Juni 2012

Apotik Hidup @ Sledri

Nama Ilmiah: Apium graviolens 

Kegunaan: untuk menurunkan tekanan darah, karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.
Seledri juga mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. 
Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.

Seledri mentah dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Seledri, karena kandungan seratnya, juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga dapat menyegarkan aroma mulut.
Seledri mempunyai  jumlah vitamin K dan vitamin C termasuk dalam kategori sangat baik. 
Kandungan Kalium, Folat, Serat, vitamin B6, Mangan -nya berkategori baik. 
Selain itu Seledri juga cukup mengandung sumber kalsium, vitamin B1, Magnesium, Vitamin A, Triptofan, zat besi dan vitamin B12. 
Untuk mengkonsumsi seledri, dijus cukup dengan 3 - 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi baunya,  diminum 2 kali sehari. Seledri juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar