SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan
dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam
berbagai permainan dengan ucapan lantang
|
Contoh:
Guru: merry-go-round
Siswa: merry-go-round
Guru: leapfrog
Siswa: leapfrog
|
§ Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing
siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD
|
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan
suara lantang
§ Merespon
dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the names
of games and repeat.
Guru: jackstone
Murid: (mengulang
dengan ucapan lantang)
|
2 x 35 menit
|
· Gambar-
gambar terkait
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
|
5.2
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
|
Contoh:
Guru: Hop.
Siswa: (melompat)
Guru: Hide.
Siswa: (bersembunyi)
|
§ Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
|
§ Merespon
dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the instructions and
follow them.
Guru: Jump.
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|||||||||
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
|
Contoh:
Guru: Where is my bag?
Siswa: Where is my bag?
(bersama-sama)
Guru: I have a book.
Siswa: I have a book. (bersama-sama)
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
|
Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan
intonasi yang tepat
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the expressions with the
correct pronunciation and intonation.
Guru:
Where is my bag?
It is here.
|
2 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan
kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan
yang sedang dilakukan seseorang
|
Contoh:
A: I have a book.
B: I do not have a pencil.
A: Where is my lunch box?
B: It is here.
A: What are you doing?
B: I am playing marbles.
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menyebutkan
kepemilikan
§ Menanyakan
di mana suatu benda berada
§ Menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
|
· Pertanyaan
· Performance
|
· Answer
the questions orally!
· Act out the dialogue in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP : .........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana
|
Pronunciation frasa dan kalimat yang
dipelajari
|
§ Mendengarkan
dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring:
pronunciation, intonation
§ Mendengarkan
contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
§ Melafalkan
frasa dan kalimat dengan benar
§ Membaca
frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
§ Tes unjuk kerja
§ Observasi
|
§ Uji petik membaca nyaring
§ Lembar observasi
|
Read the sentences aloud.
Read all the sentences loudly
and carefully.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.2 Memahami kalimat dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
· Kalimat-kalimat sangat
sederhana
· Teks deskriptif
bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat
|
§ Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam bacaan
§ Tanya jawab
yang terkait dengan materi
|
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Point to the correct student in
the picture described in the text.
|
2 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP : .........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1
Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima dengan ejaan yang benar
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas
dan nama-nama permainan
|
Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
|
Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
|
Tes tulis
|
Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
|
Trace names of the objects based
on the pictures given.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
8.2 Melengkapi kosakata sangat sederhana secara
tepat dan berterima
|
Kosakata-kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di
dalam kelas
|
Melengkapi kosakata berdasarkan gambar
|
Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
|
Tes tulis
|
Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
|
Complete the words by filling in
the letters in the space provided.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Mengetahui,
Kepala SD ……………………
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP :
.........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar