:

Minggu, 10 Juni 2012

SILABUS BAHASA INGGRIS SD Kelas 1 Semester 2



SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang



Contoh:

Guru: merry-go-round

Siswa: merry-go-round

Guru: leapfrog

Siswa: leapfrog


§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar

Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the names of games and repeat.
Guru: jackstone
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks


5.2  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima

Contoh:

Guru: Hop.

Siswa: (melompat)

Guru: Hide.

Siswa: (bersembunyi)



§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD

§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

Unjuk kerja

Responding

Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.

2 x 35 menit

·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )










 


Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................









SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Berbicara
6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima


Contoh:

Guru: Where is my bag?

Siswa: Where is my bag? (bersama-sama)

Guru: I have a book.

Siswa: I have a book. (bersama-sama)

Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan



Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi yang tepat

Unjuk kerja





Performance


Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
Where is my bag?
It is here.


2 x 35 menit




·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga












Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang

Contoh:

A: I have a book.
B: I do not have a pencil.

A: Where is my lunch box?
B: It is here.

A: What are you doing?
B: I am playing marbles.

§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menyebutkan kepemilikan
§ Menanyakan di mana suatu benda berada
§ Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa dan kalimat sangat sederhana











Pronunciation frasa dan kalimat yang dipelajari















§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
§ Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar






§ Tes unjuk kerja


§ Observasi













§ Uji petik membaca nyaring

§ Lembar observasi











Read the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.










2 x 35 menit















Buku teks


















Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.2 Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi



§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks



Point to the correct student in the picture described in the text. 


2 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................















SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1  Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar


Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas dan nama-nama permainan

Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar


Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai


Tes tulis




Menyalin kosakata sesuai dengan gambar


Trace names of the objects based on the pictures given.

4 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga




8.2 Melengkapi kosakata sangat sederhana secara tepat dan berterima



Kosakata-kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama benda di dalam kelas

Melengkapi kosakata berdasarkan gambar

Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai

Tes tulis

Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar

Complete the words by filling in the letters in the space provided.

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )








Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP : .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP : .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar