:

Rabu, 27 Juni 2012

Singkong atau ubi kayu - Kesehatan

Nama ilmiah: Manihot utilissima 

Berkembang biak dengan stek batang. 

Kandungan singkong:: kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Kegunaan: 

1.  Obat sakit kepala
     Cara meramu: daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres. 

2. Sebagai obat demam
    Bahan:
- 60 gram batang pohon singkong
- 30 gram jali 
- 800 cc air
Cara meramu: semua bahan dihaluskan, rebus hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

3. Obat Rematik
Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.
Pada pemakaian luar 
Bahan:
- lima lembar daun singkong
- 15 gram jahe merah
- kapur sirih secukupnya
Cara meramu: semua bahan dihaluskan tambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.  

Pada pemakaian dalam 
Bahan:
- 100 gram batang singkong
- satu batang sereh
- 15 gram jahe
- 1.000 cc air 
Cara meramu: semua bahan dihaluskan, rebus hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

4. Obat luka bernanah:
Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban.

5. Obat luka tebakar
Obat luka karena terkena benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

5. Obat diare
Mengatasi diare, tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

6. Obat cacingan
Obat cacingan, 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.

7. Untuk meningkatkan stamina
Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar