RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : III/1
A. Standar Kompetensi : 1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
B. Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang
C. Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
D. Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
F. Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
G. Metode Pembelajaran : 1.
Siswa bersama-sama mengulang
dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD
H. Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa apakah mereka
mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan
mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
F
Siswa
mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok
dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru
dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di
rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
I. Alat/Sumber
Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 3, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
J. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Merespon dengan mengulang
apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang
apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa
Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar