:

Sabtu, 16 Juni 2012

RPP TIK SD Kelas 6 Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

















 





























Nama Sekolah               :
Mata Pelajaran              : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester                      : 6 (enam) / 2 (Dua)





TAHUN AJARAN 2011/2012







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester           : 6 (enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit


I.          Standar Kompetensi : 

1.  Menunjukkan perangkat lunak pengolah angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemonstrasikan perangkat lunak Pengolah angka  

II.        Kompetensi Dasar: 

1.1 Mengenal Perangkat Lunak Pengolah angka dan fungsi iconnya 

III.       Tujuan Pembelajaran :

Siswa memahami sejarah perkembangan program pengolah angka,  memahami kegunaannya dan mampu mengoperasikannya, mengetahui tata letak menu dan  icon serta fungsinya, menunjukkan dan mendemonstrasikan menu file.: new, save, close, exit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  : 

Pengenalan layar perangkat lunak pengolah angka

V.       Metode Pembelajaran : 

tanya jawab, demonstrasi, praktek

VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :

§  Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F Siswa mendemonstrasikan langkah – langkah menjalankan program pengolah angka
F Siswa menunjukkan dan menyebutkan beberapa nama bagian layar pengolah angka : tittle bar, menu bar, toolsbar standard, toolsbar formatting, toolsbar drawing, scroolbar, formula bar, columns header, rows header, worksheet
F Siswa menunjukkan dan mendemonstrasi-kan menu file : new, save, close, exit
F Siswa mengetik daftar nama dan alamat teman-teman kelasnya.
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat presentasi dengan mengitegrasikannya ke bentuk website
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan Pretest secara lisan
F Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar : 

Buku Komputer: Mengolah Lembar Kerja dengan Exel, CV. Sinar Cemerlang, Jakarta.


VIII.   Penilaian


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Menjelaskan perkem-bangan terakhir program perangkat lunak pengolah angka
:   Mengidentifikasi kegunaan program pengolah angka
:   Mengoperasikan program perangkat lunak  pengo-lah angka
:   Mengidentifikasi menu dan letak icon pengolah angka beserta fungsinya
:   Menunjukkan menu file dan submenu file : new, save, close, exitdan memahami fungsinya
:   Mendemontrasikan menu file &submenu file : new, save, close, exit
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Sebutkanlah nama program pengolah angka yang terkenal saat ini !
:   Apa kegunaan dari program tersebut ?
:   Bagaimana cara menjalankan program tersebut ?
:   Sebutkan dan tunjukkan tiga buah nama bagian layar yang ada pada layar Microsoft Excel !
:   Sebutkan fungsi dari sub menu New, save, close, dan exit !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                         ……….., ……………………
              Mengetahui,                                                                         
Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel TIK.


         ..............................                                                            ...........................
NIP. ………………………                                       NIP …………………………..


 













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester           : 6 (enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit

                       

I.          Standar Kompetensi  : 

1.   Menunjukkan perangkat lunak pengolah angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemonstrasikan perangkat lunak Pengolah angka  

II.        Kompetensi Dasar : 

1.2  Memasukkan data dan mengatur worksheet

III.       Tujuan Pembelajaran:

Siswa mengenal macam – macam data, range, dan dapat mendemonstrasikan pemasukan data serta memngeditnya

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  :

Memasukkan dan mengedit data

V.       Metode Pembelajaran :  

tanya jawab, demonstrasi  praktek

VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :

§  Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
F Memberikan post tes tentang pelajaran yang diberikan sebelumnya untuk mengetahui kemampuan siswa dan memberi motivasi untuk menerima pelajaran berikutnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F Siswa menyimak materi  yang disampaikan
F Siswa menyebutkan macam – macam data
F Siswa mendemonstrasikan beberapa data numeric dan formula
F Siswa mendemonstrasikan beberapa data angka dan teks dan mencoba memperbaiki data dg tombol F2, Delete, Backspace
Pertemuan ke 2
F Siswa menyimak materi yang disampaikan
F Siswa menyebutkan dan mendemonstrasikan macam–macam range
F Siswa mempraktekkan membuat data no, nama, nilai dan memodifikasinya mengunakan icon cut, copy, paste
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat presentasi dengan mengitegrasikannya ke bentuk website
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan tugas berupa pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut pembelajaran yang ada pada buku diktat siswa
F Menutup program komputer dan merapikannya
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :

        Setiabudi, Microsoft Excel Level 1,  : Pusat Komputer Assalaam, 2010.

 

VIII.   Penilaian


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Mengenal macam – macam data
:   Memahami definisi dan macam - macam range : range selection, rows selection, coloumn selection, entire selection
:   Memahami langkah – langkah memasukkan dan mengedit data
:   Menunjuk icon cut, copy,  paste dan memahami fungsinya
:   Mendemontrasikan macam -macam range
:   Mendemontrasikan langkah - langkah mema-sukkan dan mengedit data
:   Mendemontrasikan icon cut,copy, paste
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Sebutkanlah nama program pengolah angka yang terkenal saat ini !
:   Apa kegunaan dari program tersebut ?
:   Bagaimana cara menjalankan program tersebut ?
:   Sebutkan dan tunjukkan tiga buah nama bagian layar yang ada pada layar Microsoft Excel !
:   Sebutkan fungsi dari sub menu New, save, close, dan exit !

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

           


                                                                                         ……….., ……………………
              Mengetahui,                                                                         
Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel TIK.


         ..............................                                                            ...........................
NIP. ………………………                                       NIP …………………………..

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester           : 6 (enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit


I.          Standar Kompetensi  : 
1.  Menunjuk perangkat lunak pengolah angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah angka
II.        Kompetensi Dasar        : 
1.3  Memodifikasi data dan tabel
III.       Tujuan Pembelajaran**  :

Siswa dapat memodifikasi dokumen menggunakan beberapa icon menu standard, dan membuat tabel 

         Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  :  

Menu standar Pengolah angka

V.       Metode Pembelajaran :  

tanya jawab, demonstrasi, praktek

VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membahas pekerjaan rumah yang diberikan sebelumnya
         Memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya untuk mengingatkan kembali pemahaman siswa
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F Siswa menunjukkan dan mendemonstrasi-kan icon Font, fontsize, font Color, Fill Color, Merge & Center, Insert Wordart, Insert Clipart
F Siswa mendemonstrasikan langkah-langkah membuat table
F Siswa membuat lembar kerja laporan penjualan mobil PT. Assalaam Finance
Pertemuan ke 2
F Siswa mendemonstrasikan langkah-langkah membuat table dengan fariasi yang berbeda - beda
F Siswa mengerjakan tugas praktek membuat table dan mengolah data pada laporan penjualan kaset
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan tugas berupa pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut pembelajaran yang terdapat pada buku diktat siswa
F Menutup program, merapikan kursi peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam 

VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :  

Setiabudi, Microsoft Excel Level 1,  : Pusat Komputer Assalaam, 2010.


VIII.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Menunjukkan icon yang adapada menu standar : Icon Font, Fontsize, Font Color, Fill Color, Marge & Center dan memahami fungsinya
:   Menunjukkan Icon pendukung pada toolbar drawing : Icon WordArt,Insert Clipart beserta         fungsinya
:   Memahami langkah – langkah membuat tabel
:   Menunjukkan None, Outline, inside, Line style dalam membuat table dan memahami fungsinya
:   Mendemontrasikan icon menu standar dan icon pendukung pada toolsbar  drawing
:   Mendemonstrasikan pembuatan tabel
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Tunjukkan icon yang adapada menu standar : Icon Font, Fontsize, Font Color, Fill Color, Marge & Center dan memahami fungsinya
:   Tunjukkan Icon pendukung pada toolbar drawing : Icon WordArt,Insert Clipart beserta         fungsinya
:   Jelaskanlah cara langkah – langkah membuat tabel
:   Tunjukkan None, Outline, inside, Line style dalam membuat table dan memahami fungsinya
:   Jelaskanlah cara icon menu standar dan icon pendukung pada toolsbar  drawing
:   Jelaskanlah cara pembuatan tabel

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


           
                                                                                         ……….., ……………………
              Mengetahui,                                                                         
Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel TIK.


         ..............................                                                            ...........................
NIP. ………………………                                       NIP …………………………..










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester           : 6 (enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit


I.          Standar Kompetensi  : 
2.  Mengenal perangkat keras, system, tatacara pelayanan internet, mendemonstrasikan web dan email, mencari informasi dan berkomunikasi melalui internet

II.        Kompetensi Dasar        : 
Mengirim berita / file melalui media elek tronik

III.       Tujuan Pembelajaran**  :

Siswa mampu membuka dan mencek email serta membalas email dengan baik


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

 

IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  :  

Email


V.       Metode Pembelajaran :  

tanya jawab, demonstrasi, praktek


VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
        
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F Siswa mendemonstra-sikan langkah-langkah membuka email dan melakukan cek email
F Siswa mengirim email balasan
F Siswa menutup kembali emailnya dengan benar.
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan tugas praktek mencek dan membalas email yang masuk untuk siswa yang belum selesai melakukan praktek
F Menutup program, merapikan kursi dan peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam 

 

VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :

 www.mail.yahoo. com

        Kent, Peter, Penuntun 10 Menit untuk Berinternet, Jakarta: Sugi, 2010.




VIII.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Memahami langkah – langkah membuka,  memeriksa dan mengirim email serta mendemonstrasikan-nya pada situs yahoo.
:   Mendemonstrasikan langkah-langkah menutup email dengan baik.
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Jelaskan langkah – langkah membuka,  memeriksa dan mengirim email serta mendemonstrasikan-nya pada situs yahoo.
:   Jelaskan langkah-langkah menutup email dengan baik.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester           : 6 (enam) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit


I.          Standar Kompetensi  :  
3.  Menggunakan rumus dan fungsi pada program pengolah angka

II.        Kompetensi Dasar        :
3.1  Menerapkan formula dan fungsi statistik

III.       Tujuan Pembelajaran**  :

Siswa memahami penulisan rumus dengan tanda operator kali, bagi, tambah, bagi dan fungsi statistik serta dapat menggunakannya dalam contoh dan kasus soal


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  : 

 Rumus dan fungsi Statistik


V.       Metode Pembelajaran : 

tanya jawab, demonstrasi, praktek


VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
        
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F Siswa menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F Latihan menulis rumus tambah, kurang, kali, bagi
F Latihan praktek membuat table Nilai raport computer siswa SD dan mendemonstrasikan tanda opera-tor tambah, kali, bagi, serta fungsi statistik max,min,sum,average

Pertemuan ke 2
F Latihan praktek membuat table laporan peminjaman buku perpustakaan dan mendemonstrasikan penulisan rumus tanggal disertai fungsi max,min,sum, average
F Membuat table hasil karya sendiri dengan tema jadwal kegiatan sehari – hari mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan tugas praktek pembuatan jadwal kegiatan sehari – hari bagi yang belum selesai mengerjakan
F Menutup program, merapikan kursi dan peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam 

 


VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :  
Setiabudi, Microsoft Excel Level 1,  : Pusat Komputer Assalaam, 2010.

VIII.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Menyebutkan definisi      rumus dalam excel
:   Menuliskan tanda operator kali, bagi, pangkat,   tambah, kurang
:   Siswa dapat menuliskan rumus fungsi statistik sum, average, max, min,    dan menerapkannya dalam beberapa contoh  soal
:   Siswa dapat menuliskan rumus fungsi date dan menerapkannya dalam     bentuk contoh soal.
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Sebutkan definisi      rumus dalam excel
:   Menuliskan tanda operator kali, bagi, pangkat,   tambah, kurang
:   Tuliskan rumus fungsi statistik sum, average, max, min,    dan menerapkannya dalam beberapa contoh  soal
:   Tuliskan rumus fungsi date dan menerapkannya dalam     bentuk contoh soal.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           : .............................
Mata Pelajaran          : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 6 (enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu           : 4 X 35 menit  ( 2 X Pertemuan )


I.          Standar Kompetensi  :  

3.  Menggunakan rumus dan fungsi pada program pengolah angka

II.        Kompetensi Dasar        : 

Mengenal  rumus fungsi =IF tunggal dan majemuk

III.       Tujuan Pembelajaran**  : 

Siswa memahami penulisan fungsi =IF dan dapat menggunakannya pada beberapa contoh kasus soal

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.      Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Fungsi =IF


V.       Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demonstrasi, praktek


VI.      Langkah-Langkah Pembelajaran :

§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
                    
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F Siswa menyimak penjelasan definisi fungsi =IF, rumus umum, perbedaan fungsi =iF tunggal dan majemuk, serta pengunaan operator relational : >,>=, <, <=, =, <>
F Siswa menyebutkan rumus umum fungsi =IF tunggal
F Siswa menyebutkan perbedaan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F Latihan menulis  rumus fungsi =IF tunggal dalam beberapa contoh soal.


Pertemuan ke 2
F Latihan menulis  rumus fungsi =IF tunggal dalam beberapa contoh soal.
F Mempraktekan pembuatan table data penjualan computer disertai penerapan fungsi =if tunggal yang terdapat pada buku diktat siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Menutup program, merapikan kursi peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam 

 

VII.     Alat/Bahan/Sumber Belajar :  

         Setiabudi, Microsoft Excel Level 2,  : Pusat Komputer Assalaam, 2010.



VIII.   Penilaian

     Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Memahami definisi fungsi =IF tunggal dan majemuk.
:   Membedakan fungsi   fungsi =IF tunggal dan majemuk.
:   Menuliskan bentuk   rumus fungsi =IF tunggal disertai contoh soalnya.
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Sebutkanlah  fungsi =IF tunggal dan majemuk.
:   Bedakanlah  fungsi   fungsi =IF tunggal dan majemuk.
:   Tuliskanlah bentuk   rumus fungsi =IF tunggal disertai contoh soalnya.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1








 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP :

 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           : .............................
Mata Pelajaran          : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 6 (enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu           : 2 X 35 menit

I.      Standar Kompetensi  :  
4.  Mengenal perangkat keras, system, tatacara pelayanan internet, mendemonstrasikan web dan email, mencari informasi dan berkomunikasi melalui internet

II.    Kompetensi Dasar           : 
Melakukan komunikasi melalui internet

III.   Tujuan Pembelajaran**  :

Siswa memahami langkah – langkah berkomunikasi melalui iinternet dan dapat melakukan chatting melalui program MiRc


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Chatting

V.   Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, demonstrasi, praktek

VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
        
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak materi yang dijelaskan
F Siswa menyebutkan beberapa software yang digunakan untuk chatting
F Siswa menyebutkan definisi chatting
F Siswa mencatat beberapa istilah yang biasa digunakan dalam chatting
F Siswa mendemonstra-sikan chatting melalui program MiRc.
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Menutup program, merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :   www.mail.yahoo.com

VIII.       Penilaian
     Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Siswa mengenal beberapa software    yang digunakan untuk chatting.
:   Siswa memahami definisi chatting dan manfaatnya.
:   Siswa mengenal istilah-istilah yang digunakan dalam bahasa chatting.
:   Siswa menjalankan program MiRc
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Sebutkanlah  beberapa software    yang digunakan untuk chatting.
:   Jelaskanlah cara memahami definisi chatting dan manfaatnya.
:   Jelaskanlah cara mengenal istilah-istilah yang digunakan dalam bahasa chatting.
:   Jelaskanlah cara menjalankan program MiRc.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar