RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester :
6 (enam) / 2 (Dua)
TAHUN AJARAN 2011/2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) /
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit
I. Standar Kompetensi :
1. Menunjukkan perangkat lunak
pengolah angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemonstrasikan perangkat
lunak Pengolah angka
II. Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal Perangkat Lunak Pengolah angka dan fungsi iconnya
III. Tujuan Pembelajaran :
Siswa memahami sejarah perkembangan program pengolah angka, memahami kegunaannya dan mampu mengoperasikannya, mengetahui tata letak menu dan icon serta fungsinya, menunjukkan dan mendemonstrasikan menu file.: new, save, close, exit.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan layar
perangkat lunak pengolah angka
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
F Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F
Siswa
mendemonstrasikan langkah – langkah menjalankan program pengolah angka
F
Siswa
menunjukkan dan menyebutkan beberapa nama bagian layar pengolah angka : tittle
bar, menu bar, toolsbar standard, toolsbar formatting, toolsbar drawing,
scroolbar, formula bar, columns header, rows header, worksheet
F
Siswa
menunjukkan dan mendemonstrasi-kan menu file : new, save, close, exit
F Siswa mengetik daftar nama dan
alamat teman-teman kelasnya.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat presentasi dengan
mengitegrasikannya ke bentuk website
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan
Pretest secara lisan
F
Merapikan
kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Buku Komputer: Mengolah Lembar Kerja dengan Exel, CV. Sinar Cemerlang, Jakarta.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Menjelaskan perkem-bangan terakhir program
perangkat lunak pengolah angka
: Mengidentifikasi kegunaan program pengolah
angka
: Mengoperasikan program perangkat lunak pengo-lah angka
: Mengidentifikasi menu dan letak icon
pengolah angka beserta fungsinya
: Menunjukkan menu file dan submenu file :
new, save, close, exitdan memahami fungsinya
: Mendemontrasikan menu file &submenu
file : new, save, close, exit
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Sebutkanlah nama program pengolah angka yang
terkenal saat ini !
: Apa kegunaan dari program tersebut ?
: Bagaimana cara menjalankan program tersebut
?
: Sebutkan dan tunjukkan tiga buah nama bagian
layar yang ada pada layar Microsoft Excel !
: Sebutkan fungsi dari sub menu New, save,
close, dan exit !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
……….., ……………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel TIK.
.............................. ...........................
NIP. ……………………… NIP …………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) /
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit
I. Standar Kompetensi :
1. Menunjukkan perangkat lunak
pengolah angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemonstrasikan perangkat
lunak Pengolah angka
II. Kompetensi Dasar :
1.2 Memasukkan data dan mengatur
worksheet
III. Tujuan Pembelajaran:
Siswa mengenal macam – macam data, range, dan dapat mendemonstrasikan pemasukan data serta memngeditnya
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Memasukkan dan mengedit data
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
F
Berdo’a
sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
F
Memberikan
post tes tentang pelajaran yang diberikan sebelumnya untuk mengetahui kemampuan
siswa dan memberi motivasi untuk menerima pelajaran berikutnya
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menyimak materi yang disampaikan
F
Siswa
menyebutkan macam – macam data
F
Siswa
mendemonstrasikan beberapa data numeric dan formula
F Siswa mendemonstrasikan beberapa data
angka dan teks dan mencoba memperbaiki data dg tombol F2, Delete,
Backspace
F
Siswa
menyimak materi yang disampaikan
F
Siswa
menyebutkan dan mendemonstrasikan macam–macam range
F
Siswa
mempraktekkan membuat data no, nama, nilai dan memodifikasinya mengunakan icon
cut, copy, paste
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat presentasi dengan
mengitegrasikannya ke bentuk website
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan
tugas berupa pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut pembelajaran yang ada pada
buku diktat siswa
F Menutup program komputer dan merapikannya
F
Berdo’a
dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 1, : Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Mengenal macam – macam data
: Memahami definisi dan macam - macam range :
range selection, rows selection, coloumn selection, entire selection
: Memahami langkah – langkah memasukkan dan
mengedit data
: Menunjuk icon cut, copy, paste dan memahami fungsinya
: Mendemontrasikan macam -macam range
: Mendemontrasikan langkah - langkah
mema-sukkan dan mengedit data
: Mendemontrasikan icon cut,copy, paste
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Sebutkanlah nama program pengolah angka yang
terkenal saat ini !
: Apa kegunaan dari program tersebut ?
: Bagaimana cara menjalankan program tersebut
?
: Sebutkan dan tunjukkan tiga buah nama bagian
layar yang ada pada layar Microsoft Excel !
: Sebutkan fungsi dari sub menu New, save,
close, dan exit !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
……….., ……………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel TIK.
.............................. ...........................
NIP. ……………………… NIP …………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) /
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit
I.
Standar Kompetensi :
1. Menunjuk perangkat lunak pengolah
angka, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak
pengolah angka
II.
Kompetensi Dasar :
1.3 Memodifikasi data dan tabel
III. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat memodifikasi dokumen menggunakan beberapa icon menu standard, dan membuat tabel
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menu standar Pengolah angka
V. Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
Membahas pekerjaan rumah yang diberikan sebelumnya
Memberikan pertanyaan tentang
materi sebelumnya untuk mengingatkan kembali pemahaman siswa
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menunjukkan dan mendemonstrasi-kan icon Font, fontsize, font Color, Fill Color,
Merge & Center, Insert Wordart, Insert Clipart
F
Siswa
mendemonstrasikan langkah-langkah membuat table
F Siswa membuat lembar kerja laporan
penjualan mobil PT. Assalaam Finance
F
Siswa
mendemonstrasikan langkah-langkah membuat table dengan fariasi yang berbeda -
beda
F
Siswa
mengerjakan tugas praktek membuat table dan mengolah data pada laporan
penjualan kaset
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan
tugas berupa pekerjaan rumah sebagai tindak lanjut pembelajaran yang terdapat
pada buku diktat siswa
F Menutup program, merapikan kursi
peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 1, : Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Menunjukkan icon yang adapada menu standar
: Icon Font, Fontsize, Font Color, Fill Color, Marge & Center dan
memahami fungsinya
: Menunjukkan Icon pendukung pada toolbar
drawing : Icon WordArt,Insert Clipart beserta fungsinya
: Memahami langkah – langkah membuat tabel
: Menunjukkan None, Outline, inside, Line
style dalam membuat table dan memahami fungsinya
: Mendemontrasikan icon menu standar dan icon
pendukung pada toolsbar drawing
: Mendemonstrasikan pembuatan tabel
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Tunjukkan icon yang adapada menu standar :
Icon Font, Fontsize, Font Color, Fill Color, Marge & Center dan memahami
fungsinya
: Tunjukkan Icon pendukung pada toolbar
drawing : Icon WordArt,Insert Clipart beserta fungsinya
: Jelaskanlah cara langkah – langkah membuat
tabel
: Tunjukkan None, Outline, inside, Line style
dalam membuat table dan memahami fungsinya
: Jelaskanlah cara icon menu standar dan icon
pendukung pada toolsbar drawing
: Jelaskanlah cara pembuatan tabel
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
……….., ……………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel TIK.
.............................. ...........................
NIP. ……………………… NIP …………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) /
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit
I.
Standar Kompetensi :
2. Mengenal perangkat keras, system,
tatacara pelayanan internet, mendemonstrasikan web dan email, mencari informasi
dan berkomunikasi melalui internet
II.
Kompetensi Dasar :
Mengirim berita / file melalui media elek tronik
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa mampu membuka dan mencek email serta membalas email dengan baik
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
V.
Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F
Siswa
mendemonstra-sikan langkah-langkah membuka email dan melakukan cek email
F
Siswa
mengirim email balasan
F Siswa menutup kembali emailnya
dengan benar.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan
tugas praktek mencek dan membalas email yang masuk untuk siswa yang belum
selesai melakukan praktek
F
Menutup
program, merapikan kursi dan peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
www.mail.yahoo. com
Kent, Peter, Penuntun 10 Menit
untuk Berinternet, Jakarta:
Sugi, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Memahami langkah – langkah membuka, memeriksa dan mengirim email serta
mendemonstrasikan-nya pada situs yahoo.
: Mendemonstrasikan langkah-langkah menutup
email dengan baik.
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Jelaskan langkah – langkah membuka, memeriksa dan mengirim email serta
mendemonstrasikan-nya pada situs yahoo.
: Jelaskan langkah-langkah menutup email
dengan baik.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20
...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) /
1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35
menit
I.
Standar Kompetensi :
3. Menggunakan rumus dan fungsi pada
program pengolah angka
II.
Kompetensi Dasar :
3.1
Menerapkan formula dan fungsi statistik
III.
Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami penulisan rumus dengan tanda operator kali, bagi, tambah, bagi dan fungsi statistik serta dapat menggunakannya dalam contoh dan kasus soal
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Rumus dan fungsi Statistik
V.
Metode Pembelajaran :
tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F
Siswa
menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F
Latihan
menulis rumus tambah, kurang, kali, bagi
F
Latihan
praktek membuat table Nilai raport computer siswa SD dan mendemonstrasikan
tanda opera-tor tambah, kali,
bagi, serta fungsi statistik max,min,sum,average
Pertemuan
ke 2
F
Latihan
praktek membuat table laporan peminjaman buku perpustakaan dan
mendemonstrasikan penulisan rumus tanggal disertai fungsi max,min,sum, average
F Membuat table hasil karya sendiri dengan
tema jadwal kegiatan sehari – hari mulai dari bangun tidur sampai tidur
kembali
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan
tugas praktek pembuatan jadwal kegiatan sehari – hari bagi yang belum selesai
mengerjakan
F
Menutup
program, merapikan kursi dan peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 1, : Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Menyebutkan definisi rumus dalam excel
: Menuliskan tanda operator kali, bagi,
pangkat, tambah, kurang
: Siswa dapat menuliskan rumus fungsi
statistik sum, average, max, min,
dan menerapkannya dalam beberapa contoh soal
: Siswa dapat menuliskan rumus fungsi date dan
menerapkannya dalam bentuk contoh
soal.
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Sebutkan definisi rumus dalam excel
: Menuliskan tanda operator kali, bagi,
pangkat, tambah, kurang
: Tuliskan rumus fungsi statistik sum,
average, max, min, dan menerapkannya
dalam beberapa contoh soal
: Tuliskan rumus fungsi date dan menerapkannya
dalam bentuk contoh soal.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20
...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit ( 2
X Pertemuan )
I. Standar Kompetensi :
3. Menggunakan rumus dan fungsi pada
program pengolah angka
II. Kompetensi Dasar :
Mengenal rumus fungsi =IF tunggal dan majemuk
III. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami
penulisan fungsi =IF dan dapat menggunakannya pada beberapa contoh kasus soal
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Fungsi =IF
V. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demonstrasi, praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Pertemuan ke 1
F
Siswa
menyimak penjelasan definisi fungsi =IF, rumus umum, perbedaan fungsi =iF
tunggal dan majemuk, serta pengunaan operator relational : >,>=, <,
<=, =, <>
F
Siswa
menyebutkan rumus umum fungsi =IF tunggal
F
Siswa
menyebutkan perbedaan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F Latihan menulis rumus fungsi =IF tunggal dalam beberapa
contoh soal.
Pertemuan ke 2
F
Latihan
menulis rumus fungsi =IF tunggal dalam
beberapa contoh soal.
F Mempraktekan pembuatan table data
penjualan computer disertai penerapan fungsi =if tunggal yang terdapat
pada buku diktat siswa
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F Menutup program, merapikan kursi
peralatan komputer
F berdo’a dan mengucapkan salam
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 2, : Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Memahami definisi fungsi =IF tunggal dan
majemuk.
: Membedakan fungsi fungsi =IF tunggal dan majemuk.
: Menuliskan bentuk rumus fungsi =IF tunggal disertai contoh
soalnya.
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Sebutkanlah
fungsi =IF tunggal dan majemuk.
: Bedakanlah
fungsi fungsi =IF tunggal dan
majemuk.
: Tuliskanlah bentuk rumus fungsi =IF tunggal disertai contoh
soalnya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20
...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.............................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
I.
Standar Kompetensi :
4. Mengenal perangkat keras, system,
tatacara pelayanan internet, mendemonstrasikan web dan email, mencari informasi
dan berkomunikasi melalui internet
II.
Kompetensi Dasar :
Melakukan
komunikasi melalui internet
III. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa memahami langkah – langkah berkomunikasi melalui iinternet dan dapat melakukan chatting melalui program MiRc
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) : Chatting
V. Metode Pembelajaran : Tanya
jawab, demonstrasi, praktek
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran,
Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menyimak materi yang dijelaskan
F
Siswa
menyebutkan beberapa software yang digunakan untuk chatting
F
Siswa
menyebutkan definisi chatting
F
Siswa
mencatat beberapa istilah
yang biasa digunakan dalam chatting
F
Siswa
mendemonstra-sikan chatting melalui program MiRc.
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Menutup
program, merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Siswa mengenal beberapa software yang digunakan untuk chatting.
: Siswa memahami definisi chatting dan
manfaatnya.
: Siswa mengenal istilah-istilah yang
digunakan dalam bahasa chatting.
: Siswa menjalankan program MiRc
|
Lisan / Tulisan
|
Isian Uraian singkat
|
: Sebutkanlah
beberapa software yang
digunakan untuk chatting.
: Jelaskanlah cara memahami definisi chatting
dan manfaatnya.
: Jelaskanlah cara mengenal istilah-istilah
yang digunakan dalam bahasa chatting.
: Jelaskanlah cara menjalankan program MiRc.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20
...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar