RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : SD Negeri .....................
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/1
A. Standar Kompetensi : Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B. Kompetensi Dasar : Merespon dengan
mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
C. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
D. Tujuan Pembelajaran** : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
E. Metode Pembelajaran : -
Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD
-
Masing-masing
siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD
F. Kegiatan
Pembelajaran:
- Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa apakah mereka
mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang
apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
mengulang apa yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada
pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru
dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di
rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
G. Alat/Sumber
Belajar:
- Buku teks Grow with English, Erlangga Book 1hal.
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
H. Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
suara lantang
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
pengucapan bahasa Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to
the words and repeat.
Guru: crayon
Murid:
(mengulang dengan ucapan lantang)
|
Format Kriteria Penilaian
Produk
hasil diskusi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
........................................
20...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
....................,
S. Pd. ................, S. Pd.
NIP :........................................ NIP. ......................................
Salam kenal. Mohon bantuannya untuk share RPP, PROTA, PROMES, SILABUS bahasa Inggris Grow With English untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 ke emailnya saya yaitu : anennada@gmail.com. Bantuan saudara akan sangat bermanfaat sekali bagi diri saya. Terima kasih banyak sebelumnya.
BalasHapus